GUMAY NIAN PO...!

7 Sep 2011

BATANGHARI SEMBILAN TEMPAT PENYEBARAN JEME-JEME GUMAY



Ada berbagai pendapat mengenai Batanghari Sembilan ini, yang dimaksud Batanghari  adalah Sungai, sedangkan Sembilan adalah jumlah dari sungai tersebut. Profinsi Sumatera Selatan dikenal pula dengan sebutan “DAERAH BATANGHARI SEMBILAN”.

Disumatera Selatan banyak sekali terdapat Batanghari  atau sungai sungai baik besar maupun kecil, puluhan bahkan ratusan jumlahnya tetapi sungai sungai mana saja yang termasuk kedalam Batanghari Sembilan ini. Tidak ada ketentuan khusus yang mengaturnya. Namun jelas adalah sungai musi beserta anak anaknya yang besar-besar saja.
Umpama saja H. Boedenani dalam bukunya yang berjudul SEJARAH SRIWIJAYA, Penerbit Ternate, cetakan pertama, April 1976, Halaman 68 dapat diketahui bahwa sungai sungai yang termasuk Batanghari Sembilan tersebut adalah sungai Musi, sungai Ogan. sungai komering. sungai Kelingi, sungai Lakitan, sungai Rawas. sungai Rupit dan sungai Batanghari Leko.
Selain itu Jama’ani dalam buku Sejarah Pemulaan mengemukakan sungai sungai yang termasuk kedalam Batanghari Sembilan ini adalah : sungai Musi, sungai Kelingi, sungai Semangus, sungai Lakitan, sungai Rawas, sungai Batanghari Leko, sungai Lematang, sungai ogan dan sungai Kemering.

Sedangkan menurut versi Gumay, yaitu yang berdasarkan sejarah Gumay, maka sungai sungai yang termasuk kedalam Batanghari Sembilan ini adalah : Sungai Lematang, sungai musi, sungai Komering, sungai Ogan, sungai Tulang Bawang (prof. Lampung), sungai Enim, sungai Rejang (prof. Bengkulu), sungai Pine (prof. Bengkulu), dan sungai Lintang. Jadi meliputi daerah Sumatera Bagian Selatan.

Daearah Gumay dapat ditinjau dari dua aspek, yang pertama adalah segi historis, yaitu berdasarkan sejarah keturunan asal usul orang orang Gumay yang dimulai dengan puyang-puyang dengan daerah daerah pemyebarannya. Kedua adalah dari segi fisik yaitu secara wilayah yang memang namanya Gumay dan dihuni oleh orang orang Gumay. Berdasarkan Historinya Sebetulnya daerah Gumay itu adalah mencakup daerah daerah yang disebut Batanghari Sembilan, tentunya menurut versi sejarah yang dimiliki orang orang Gumay, Batanghari Sembilan tersebut adalah daerah daerah tempat penyebarab seluruh anak dari Puyang Suke Milung (Simbang Gumay), 9 putra dan 1 putri. berikut nama nama anak puyang Suke Milung dan daerah Batanghari Sembilan tempat penyebarannya :

1.      Puyang Panjang ke sungai Enim
2.      Puyang Remanjang ke sungai Lematang
3.      Puyang Untu ke Sungai Kemering
4.      Puyang Indang ke Sungai Lintang
5.      Puyang Remindang ke sungai Pine
6.      Puyang Limpak ke sungai Musi
7.      Puyang Limparan ke sungai Musi kemudian ke sungai Rejang
8.      Puyang Intan Prmate Jagat ke sungai Lematang tepatnya di dusun Prabu Menang (Puntang Merapi)
9.      Puyang Suri Dendam (putri) ke sungai Ogan

Dan istilah atau sebutan Batanghari Sembilan dalam sejarah Gumay mulai timbul semenjak anak anak Puyang Suke Milung yang 9 putra dan 1 putri bertolak dari Kute Bentare Rambang menyebar mudik ke sungai sungai tersebut diatas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar